Menyambut Natal, Kamu pasti sudah mulai merencanakan berbagai hal, termasuk apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendekorasi rumahmu. Supaya tetap ramah lingkungan dan mendukung gaya hidup berkelanjutan, jangan lupa memiliki dekorasi yang minim sampah, ya. 

Dekorasi Natal paling berkelanjutan adalah apa yang sudah Kamu miliki di rumah. Jadi, manfaatkanlah semaksimal mungkin. Namun, jika Kamu butuh dekorasi yang baru, membuatnya sendiri dengan bahan-bahan di sekitar juga merupakan pilihan yang ramah lingkungan. Bisa pula dengan mencari barang bekas layak pakai atau membeli dekorasi berkualitas tinggi dengan konsep berkelanjutan. 

Berikut ini adalah sejumlah ide untuk dekorasi Natal yang ramah lingkungan. 

Dekorasi Rajut

Dengan teknik rajut atau crochet, Kamu bisa membuat berbagai jenis dekorasi Natal. Mulai dari dekorasi bintang, alas piring bertema Natal, karangan bunga, hingga karakter hewan dan lainnya. Kamu bisa membeli atau membuatnya sendiri lewat tutorial yang banyak beredar di YouTube. Jangan lupa untuk memilih bahan-bahan yang ramah lingkungan, ya.  

Origami

Sama dengan rajut atau crochet, origami juga merupakan pilihan ramah lingkungan untuk dekorasi Natal di rumahmu. Tidak perlu menggunakan kerta khusus origami, Kamu bisa memanfaatkan kertas yang sudah tidak terpakai lagi. Misalnya, kertas koran, buku tulis, paper bag, atau kertas kado. Tutorial membuat origami bertema Natal juga bisa ditemukan di YouTube. 

Dekorasi Jeruk Kering

Sisa jeruk peras yang dikeringkan bisa Kamu gunakan untuk membuat karangan bunga atau hiasan gantung bertema Natal. Untuk membuatnya, iris beberapa jeruk yang sudah diperas, kemudian masukkan ke oven selama dua jam pada suhu 250° F. Setelah dipanggang, biarkan di kulkas selama beberapa hari. Gunakan jarum dan benang untuk menyatukannya. 

Stoples Lilin

Gunakan stoples kaca dan tambahkan sedikit garam di dasar stoples. Kemudian, letakkan tealight atau lilin di dalamnya dan tempelkan beberapa batang kayu manis dengan tali atau pita di bagian luar stoples. Selain kayu manis, Kamu juga bisa menggunakan cabang kecil pohon pinus.

Pohon Natal Mini dari Barang Upcycle

Gunakan kardus atau paper bag bekas yang sudah Kamu kumpulkan untuk membuat pohon Natal mini. Kamu juga bisa memanfaatkan kemasan kardus bekas sereal atau lainnya. Cara membuat pohon Natal mini ini pun relatif mudah, yaitu: 

  • Potong beberapa lembar karton atau bekas untuk membuat tumpukkan kerucut berbagai ukuran, dari kecil hingga lebih besar. Jumlah kerucut disesuaikan dengan tinggi pohon yang Kamu inginkan. 
  • Di bagian paling bawah tumpukan kerucut, lapisi dengan kertas karton yang direkatkan. 
  • Potong-potong lagi kertas karton selebar 7 cm, kemudian remas dan pelintir hingga mengeriting.
  • Rekatkan kertas-kertas keriting tersebut hingga panjangnya cukup untuk mengelilingi tumpukan kerucut yang dibuat sebelumnya. Pohon Natal mini milikmu pun sudah jadi. 
  • Bisa Kamu tambahkan dekorasi upcycle lainnya dan letakkan di meja makan, ruang tamu, ataupun kamar tidur.