Setiap langkah menuju gaya hidup ramah lingkungan, penting untuk selalu memantapkan pola pikir eco-friendly. Begitu pula dalam urusan kecantikan dan perawatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu aplikasikan demi rutinitas kecantikan yang lebih sustainable

Jangan Ragu Mengganti Merek

Jangan ragu untuk mengganti produk-produk ke yang lebih ramah lingkungan. Kamu bisa mulai dari sabun, sampo, losion tubuh, atau apapun yang bagimu tidak ada keterikatan pada merek tertentu. Cara menentukan merek tertentu tergolong ramah lingkungan, yaitu dengan melihat aspek ramah lingkungan apa saja yang diikutsertakan ke dalam produk tersebut. Misalnya, bahan baku yang digunakan, proses produksi, packaging, hingga pendistribusian produknya. Kamu juga bisa mengecek apakah merek tersebut berkontribusi dalam gerakan ramah lingkungan atau memiliki program-program gaya hidup sustainable. Tentu saja tidak perlu memilih sebuah produk atau merek dengan semua aspek tersebut. Satu atau dua saja sudah cukup sebagai permulaan menuju perawatan tubuh yang ramah lingkungan. 

Sekali Pakai ke Pakai Ulang

Kami paham, jika berhubungan dengan perawatan wajah, sulit mencari produk yang ramah lingkungan sekaligus cocok dengan kebutuhan kulit. Jika memang tidak memungkinkan mengganti produk perawatan wajah, yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi sampah yang dihasilkannya. Misalnya, berhenti menggunakan kapas wajah sekali pakai ke kain wajah yang bisa dipakai ulang. Bisa kamu barengi pula dengan mengganti kuas makeup, sisir, atau aplikator untuk produk kecantikan lainnya ke yang bisa didaur ulang. Hindari yang terbuat dari plastik atau bulu hewan. Buat para cowok, kamu bisa ganti alat cukur dengan yang terbuat dari stainless steel, karena bebas plastik dan lebih tahan lama. Atau, bisa pula yang gagangnya terbuat dari bambu.  

Sederhanakan Urutannya

Demi mengurangi sampah, sangat dianjurkan untuk mengurangi urutan skincare routine kamu ke yang lebih sederhana. Jika sebelumnya sampai 10 langkah, kurangilah menjadi beberapa langkah-langkah dasar saja, seperti cuci muka, toner, moisturizer, lalu sunscreen. Terutama jika kulit wajahmu masih tergolong sehat. Karena semakin banyak langkahnya, semakin banyak pula produk yang digunakan. Hal inilah yang membuat bertambahnya sumber sampah di rumah kita. Untuk makeup, kamu bisa beralih ke produk yang tergolong serba guna. Misalnya, lipstik yang sekaligus bisa digunakan untuk blush on dan eye shadow

Buat Sendiri di Rumah

Menggunakan sabun atau sampo batang saat ini menjadi salah satu solusi mengurangi sampah plastik. Berbagai produk sabun atau sampo batang pun sudah banyak yang ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan kulit karena terbuat dari bahan organik. Penjualannya pun sudah semakin luas, jadi tidak sulit untuk dicari. Bahkan, kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita, mulai dari susu, teh, jeruk, dan sebagainya. Untuk memaksimalkan penggunaan sabun atau sampo batang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Diantaranya adalah menggunakan wadah berongga (disarankan tidak terbuat dari plastik) dan menjauhkannya dengan shower. Dengan begitu, kualitasnya tetap terjaga dan usianya pun panjang.