IG: @ecoplease

Bukan hanya baik untukmu, tapi juga untuk lingkungan sekitar kita.

Apakah kalian pernah bertanya-tanya bagaimana penggunaan plastik bisa sampai seperti sekarang ini? Sejak pertama kali plastik dibuat untuk kenyamanan dan kemudahan, plastik telah mulai merusak kehidupan secara diam-diam. Walau terdengan ekstrim, namun kita sering mendengar tentang banyaknya kecelakaan yang terjadi di TPU, jumlah mikroplastik yang dikonsumsi dewata laut dan akhirnya manusia, hingga pulau-pulau yang makin lama makin tenggelam.

Kabar baiknya, kini banyak orang yang telah sadar akan bahaya plastik bagi manusia dan alam. Jalan keluar utama yang paling mudah dilakukan adalah mencari pengganti plastik yang memiliki fungsi serupa, sebab masih banyak orang yang tidak mau kesehariannya menjadi repot. 

Plastik baik yang konvensional maupun yang bio-degradable kini dapat diganti dengan plastik compostable yang terbuat dari serat tanaman seperti singkong dan bambu. Karena harus terurai kembali ke dalam tanah, produk pengganti plastik ini tidak menggunakan bahan yang beracun bagi alam. Kotak makan pastik juga digantikan dengan hal yang serupa, sehingga restoran dan penjual makanan bisa menggunakan pilihan yang lebih ramah lingkungan.

Untuk hewan peliharaan, kini kita memiliki compostable waste bags dan alas yang ternyata juga lebih baik untuk kulit hewan karena tidak mengandung material berbahaya dan mengiritasi.

Penutup bees wax juga sudah menjadi populer di kalangan pencinta lingkungan. Namun kini compostable cling wrap juga tersedia untuk kemudahan lebih di dapur. Kemasan bumbu dapur dan sabun cuci piring juga ada yang tanpa plastik. 

Bagaimana dengan rak kamar mandi? Bagaimana cara untuk menghindari botol pastik shampoo dan sabun? Ternyata caranya mudah, yaitu dengan berganti ke sabun dan shampoo batangan. Biasanya mereka terbuat dari bahan alami dan menciptakan lebih sedikit sabun yang dapat mencemari air.

Tentunya semua sampah compostable harus diolah dengan bak kompos di rumah. Bila tidak, sampah tersebut akan kembali ke TPU dan menciptakan kerugian yang sama seperti sebelumnya.

Sedikit demi sedikit, produk keseharian yang ada di rumah dapat diganti dengan pilihan yang lebih baik. Kunjungi ramahbhumi.com untuk menemukan pilihan yang sesuai dengan lifestylemu.